Pada tahun 2020 ini saya mendapat kesempatan untuk mengikuti program Pembatik Level 3, melalui kegiatan ini saya mendapatkan banyak pengetahuan baru yang selama ini masih belum saya dapatkan, terutama tentang penggunaan media pembelajaran on-line. yang biasanya Guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku teks, sekarang guru dituntut agar mambuat mebuat media pembelajaran secara online.
Dalam PembaTIK level 3 tahun 2020 ini proses pemberian materinya secara online, melalui video pembelajaran yang disajikan secara menarik oleh para Duta Rumah Belajar (DRB) dari tahun - tahun sebelumnya, melalui konten video yang ada saya dapat mempelajari beberapa materi yang dapat mengembangkan kemampuan saya dalam membuat media pembelajaran secara online, sehingga dapat di bagikan kepada guru dan siswa di sekolah pada saat proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Proses pembelajaran pembaTIK level 3 di bagi dalam beberapa modul pembelajaran, di awal materi saya mendapatkan modul tentang Media Pembelajaran Berteknologi Digital, modul ini mempelajari tentang bagaimana melakukan perencanaan pembelajaran, mengidentiikasi jenis-jenis media digital, dan juga bagaimana mengoptimalkan lingkungan sebagai support system pembelajaran dengan teknologi digital.
Modul berikutnya kita dapat mempelajari tentang bagaimana teknik pembuatan video pembelajaran, yang selama ini sering kali guru hanya menggunakan video pembelajaran yang ada di Medsos atau di Youtube untuk di gunakan sebagai media pembelajaran, akan tetapi pada kesempatan kali ini saya mendapatkan teknik pembuatan video, pada tahap awal kami belajar bagaimana membuat video yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran, tahap berikutnya peserta di harapkan mengetahui bagaimana cara untuk membuat rancangan video pembelajaran, setelah tahap ini selesai, tahap berikutnya peserta belajar untuk memproduksi video pembelajaran, disini saya dapat belajar tentang bagaimana proses produksi dalam pembuatan video, tahap berikutnya yaitu pasca produksi, disini merupakan bagian menyatukan video yang ada yang akan di edit menjadi sebuah video yang menarik untuk di tayangkan.
Setelah peserta belajar pembuatan video, modul berikutya berisi tentang pembuatan multimedia atau multimedia interaktif Disini seluruh peserta belajar tentang pembuatan media pembelajaran interaktif dalam bentuk animasi. disinia ada 5 (lima) kegiatan belajar yang harus di pelajari oleh seluruh peserta pembatik, salah satu contoh hasil dari pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storylane bisa dilihat di Link:
https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampi1/Perkembangbiakan-Generatif-Tumbuhan-2016/story_html5.html
Pada modul terakhir di Pembatik Level 3 ini, seluruh peserta mempelajari tentang inovasi pembelajaran yang mengintegrasikan TIK. dalam modul ini peserta di harapkan mencoba berinovasi dalam pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, dengan mengetahui langkah-langkah melakukan inovasi dan ragam model pembelajaran inovatif diharapkan peserta bisa mengimplementasikan inovasi tersebut ke dalam pembelajaran di kelas yang diampu.
Tugas akhir dalam PembaTIK Level 3 ini adalah para peserta di harapkan dapat membuat media pembelajaran interaktif, maupun membuat video pembelajaran yang dapat di jadikan sebagai sumber belajar siswa, sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. dari rangkaian ini saya dapat belajar bagaimana membuat video pembelajaran yang menarik, sehingga dapat di jadikan sebagai sumber belajar bagi siswa, tentunya dengan menggunakan Aplikasi Portal Rumah Belajar.
Rumah Belajar
Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja.
EmoticonEmoticon